Desa Lanjuk

Sosialisasi NABRAK di Rumah Kepala Desa Lanjuk


Sudah tidak diragukan lagi bahwa kecamatan Manding adalah surganya singkong. Masyarakat di kecamatan Manding lebih banyak memanfaatkan singkong untuk diolah sebagai kripik dan produksi kripik daerah Manding sudah terkenal luas, tidak hanya daerah Madura sendiri namun hingga luar Jawa. Walaupun kami ditempatkan di desa Lanjuk yang penghasilannya minim namun hasil pangan singkong disini juga tidak kalah dengan desa-desa Manding yang lainnya. Di desa Lanjuk masyarakat yang memproduksi kripik kebanyakan menjual keringnya saja, jadi setelah pemotongan dilakukan proses penjemuran hingga kering lalu di jual. Namun di desa ini juga terdapat beberapa tempat yang memproduksi kripik hingga proses packaging dan di jual ke pasar bisnis.
Dari evaluasi yang kami dapatkan dari warga sekitar bahwasanya banyak masyarakat mengolah singkong sebagai kripik sehingga ini adalah kesempatan kami mencoba inovasi baru untuk dijadikan nugget singkong. NABRAK sebutan untuk proker utama kelompok kami yaitu Nugget Singkong dan merupakan singkatan dari ‘Nugget Sabbhreng Enak’. Nugget Singkong merupakan olahan dari daging dan singkong yang dicampur dengan sedikit tepung yang dikemas seperti sosis. 

Saat kami sosialisasi, masyarakat di desa Lanjuk sangat antusias untuk mengikuti acaranya hingga selesai. Sosialisasi nugget singkong kali ini kami laksanakan di dusun Lanjuk rumah kepala desa bersama ibu-ibu PKK, Ibu Carek (alias Sekretaris Desa), Ibu Kalebun (alias Kepala Desa) dan juga masyarakat sekitar yang turut serta. Alhamdulillah masyarakat menyambut baik proker kami dan mereka sangat senang dan berharap kami bisa memberikan inovasi yang baru lagi.  



Kebahagiaan dan kemauan dari masyarakat membuat kami senang dan tetap semangat untuk memberikan inovasi terhadap potensi yang dimiliki di desa Lanjuk. Kami pun juga berharap semoga masyarakat memberdayakan proker nugget singkong ini walaupun setelah kami tidak menempati desa Lanjuk lagi. Tidak hanya di rumah Kepala Desa, kami juga akan mengadakan sosialisasi lagi di dusun Saasa rumah Bapak Jawarsih bersama warga sekitarnya dan warga sekitar tempat tinggal kami di rumah Bapak H. Paedi.

Previous
Next Post »