Desa Lanjuk

Selayang Pandang Desa Lanjuk, Kec. Manding, Kab. Sumenep



Desa Lanjuk merupakan salah satu desa dari 11 desa yang berada di Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Berlokasi kurang lebih 15 Km dari pusat Kota Sumenep dan 8 km dari Kantor Kecamatan dengan luas wilayah daerah 6,14 km2. Secara keseluruhan daerah Desa Lanjuk dikelilingi oleh dataran rendah yang terbagi menjadi area pemukiman umum, sawah irigasi, dan ladang/tegalan. Hampir separuh dari luas desa tersebut digunakan untuk area pertanian sawah dan ladang/tegalan yaitu sekitar sebesar 507,60 Ha. Desa Lanjuk memiliki 4 dusun, 4 Rukun Warga, dan 16 Rukun Tetangga. Sebelah utara Desa Lanjuk berbatasan dengan Desa Gadding, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Gapura, sebelah barat berbatasan dengan Desa Tenonan, dan sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Gapura.
Jumlah penduduk Desa Lanjuk pada tahun 2014 sebanyak 2366 penduduk dengan rincian jumlah penduduk laki-laki sebanyak 1153 dan perempuan sebanyak 1213. Mayoritas keluarga yang berada di desa ini bekerja sebagai pengelola lahan di sektor pertanian, dimana dapat kita lihat data tertinggi rumah tangga yang bergerak di bidang pertanian tanaman pangan sekitar 239 orang, perkebunan 49 orang, dan sisanya bergerak di bidang peternakan, perdagangan, angkutan, industri, penggalian, pertukangan dan jasa. Kondisi perekonomian penduduk di desa ini dapat dikatakan menengah kebawah karena melihat mayoritas bekerja sebagai petani.
Tingkat pendidikan penduduk di desa ini rata-rata adalah belum tamat SD/Sederajat sekitar 1934 orang, tamat SD sekitar 319 orang, SMP 89 orang, SMA 59 orang, Diploma/Sarjana 6 orang. Sedangkan untuk fasilitas pendidikan, di desa ini hanya ada 2 TK, 2 SD, 1 SMP, 2 MI, dan 1 Ponpes yang semuanya adalah swasta dan dikelola oleh yayasan. Sedangkan untuk kondisi sosial budaya dalam artian kehidupan bermasyarakat, desa ini sangat menjunjung perdamaian, nilai nilai agama khususnya agama islam karena mayoritas beragama islam, dan masih memperhatikan serta menggunakan nilai-nilai tradisi atau adat setempat. Permasalahan lain di desa ini adalah lingkungannya yang sedikit acuh tak acuh mengingat jarak satu rumah ke rumah yang lain tidak berdekatan sehingga menyebabkan kurangnya komunikasi dan sosialisasi antar warga sekitar yang terlihat kurang harmonis.
Desa Lanjuk memiliki potensi dari segi pertanian pada umumnya. Dari segi pertanian potensi desa ini adalah singkong. Hampir disetiap sudut jalan tanaman singkong tertanam dengan rapi. Selain itu Desa Lanjuk memiliki potensi jagung. Potensi-potensi tersebut umumnya belum mampu dimanfaatkan secara optimal misalnya pada singkong yang hanya diolah menjadi produk olahan kripik, dan jagung yang hanya dikonsumsi sendiri atau hanya dijual mentahnya saja ketika panen. Potensi singkong di desa ini cukup baik dan melimpah, produk-produk olahan kripik singkongnya pun kita sudah sering menjumpainya terutama di wilayah-wilayah Madura misalnya saja Kripik Singkong “Dua Bersaudara”, meski produk olahan kripik singkong di desa ini sudah berjalan cukup lama dan menjadi pilihan para konsumen di pasaran namun banyak yang harus dikembangkan agar produk olahan kripik singkong ini lebih diketahui masyarakat luas. Masyarakat Desa Lanjuk umumnya tidak memiliki pengetahuan lebih akan pengolahan lanjutan potensi-potensi yang ada tersebut sehingga potensi tersebut mempunyai nilai jual yang rendah dan sangat dibutuhkan sosialisasi lebih lanjut untuk meningkatkan potensi unggulan desa agar potensi tersebut memiliki nilai jual yang lebih dengan cara dilakukannya pengembangan di berbagai bagian yang masih kurang.
Previous
Next Post »